Selasa, November 24, 2009

ALL ABOUT MIYA.....

Donatnya Mba… Enak lho masih anget… Baru dibuat..” Gelengan ke empat. Lama-lama aku bisa kaya robot gedek nih. Satu orang kakek dengan cucunya yang masih ABG, mereka duduk di sebrang tempat dudukku. Bau minyak angin cap kapak pasti itu parfum si kakek. Lalu dua orang ‘masteng’ alias mas-mas tengil. Untung mereka ngga duduk disini, tempat duduk disebelah ku masih tetap kosong. “korannya… Koran… Koran… Republika, Kompas, Pos kota, Lampu merah, Wanita Indonesia, Bintang… Korannya… Koran…” “Pagi mba Miya… Nih Koran kompasnya.” Sapa Rosid si tukang koran langgananku di bis. Gara-gara tiap hari beli Koran dari si Rosid, jadi kenal deh. “Nih uangnya… Kembaliannya buat Koran besok aja Ros…” “Oke… Selamat bekerja mba… Lagu saya jangan lupa ya…” Si Rosid ngeluyur kebelakang. Baca Koran di bis hal yang paling sering dilakukan para penumpang selain tidur dan bengong. Jadi bukan Cuma aku saja yang merasa bosan di dalam bis. Dengan baca Koran jadi ngga ketinggalan berita. Bolak-balik lebar per lembar Koran, dari halaman satu ke halaman selajutnya. Ups… Ada cowok keren, akhirnya. Semoga saja cowok itu duduk di sebelah gue, siap-siap dulu ah… aku buru-buru merapihkan Koran, bacanya ntar aja. Mataku sempat meliriknya. Mmmm… ganteng juga. Ayo dong duduk disebelah ku…harapku dalam hati. Eh… siapa tuh yang di belakang cowok itu? Huh… sial ternyata cowok keren itu sama cewek. Dia benar-benar duduk di dekatku tapi sama cewek yang terlihat seperti pacarnya itu. Kita duduk sederet, aku ceweknya dan cowok keren itu. Bis perlahan mulai melaju. Alhasil sepanjang perjalanan aku Bete plus ‘mupeng’… karena mereka berdua mesra banget, pegangan tangan terus serasa Romeo and Juliet. Mereka ngga sadar kalo lagi di tempat umum, tepatnya di dalam bis… serasa dunia milik berdua yang lain ngontrak… Ahh… mendingan aku tidur deh. Hari ini aku pulang kerja agak cepat dari biasanya, ngga ada meeting dadakan, schadulle acara pun udah di konsep untuk lima hari kedepan dan ngga ada yang di rubah. Saat ini aku hanya ingin cepat sampai dirumah, biar bisa istirahat terus tidur. Ngantuk berat nih. Dan syukurnya aku cepat dapat bis yang kosong, aku duduk di tempat “pw’ berharap bisa memejamkan mata. Kali ini aku ngga berharap bakalan ada cowok yang keren yang duduk di sebelah, cuma berharap bisa tidur untuk menghilangkan sedikit pusing di kepalaku. Ada seorang Ibu yang duduk disebelahku, ibu itu tersenyum kepada ku sebelum duduk. Aku membalasnya dengan tersenyum kembali. Bis perlahan melaju, aku menghela napas seraya menyamankan diri. Sesaat bisa leuyeuh-leuyeuh nih, tumben agak sepi, ngga ada tukang jualan asoangan, pengamen juga ngga ada. Bis masuk gerbang tol. Aku udah hampir pules… “Dek… Sekarang ongkosnya berapa ya?” Tanya ibu yang duduk di sebelahku. “Lima ribu…” Nih Ibu ngga tahu apa aku ngantuk banget. “Wah sudah naik toh, dulu kan tiga ribu lima ratus… Gara-gara BBm naik ya dek?” Kata Ibu itu yang bicaranya agak sedikit medok, sepertinya dia berniat mengajakku ngobrol. “Iya… Semuanya udah naik Bu.” Aku menguap sambil ditutup tentunya. Ibu itu sadar kalo aku ngantuk berat, setelah itu dia membiarkan aku untuk tertidur sesaat setelah kenek menagih ongkos bisnya. Bis keluar dari jalan tol. Beberapa penumpang mulai ada yang turun, aku masih tidur-tidur ayam karena aku turun dipemberhentian terakhir, sekitar setengah jam lagi baru sampai. Masih ada kesempatan memejamkan mata. Bis perlahan melaju lagi setelah menurunkan beberapa penumpang. Ibu yang duduk di sebelahku sepertinya masih belum turun. Perlahan aku bisa tertidur pulas. Ngantuk beneran nih? Awas jangan sampai ngiler lho.. J “Kampus… Kampus…. Ada yang turun di kampus?” Teriak si kenek. “Dek… Dek bangun tuh kampusnya, nda turun?” Kaget aku. Si Ibu yang duduk disebelah tiba-tiba membangunkanku. Hampir saja jantungku copot. Aku mengusap wajahku. “Ngga bu… Saya ngga turun disini.” “Oo… Walah nda toh… Maaf saya takut adek kebapblasan… ta piker kamu turun di sini mau kuliah.” Ibu itu merasa bersalah. “Ngga apa-apa Bu…” Aku berusaha pasang muka tersenyum untuk mengahilangkan rasa bersalah ibu itu. Walaupun aku ngga bisa tidur lagi sampai akhirnya turun dari bis. Hu-uh kenapa pagi ini aku bangun kesiangan, Mona juga payah nih biasanya dia rajin ngebangunin. Sebel! Aku mesti buru-buru nyampe, alamat kena marah boss nih… “Yah… Miya berangkat ya.” Pamitku pada Ayah. “Kok buru-buru, gak sarapan dulu Nak?” “Aku udah telat… Mona sih ngga bangunin aku.” Sahutku sambil bergegas memakai sepatu. “Mona tugas keluar kota Miya… Kalo udah kerja mestinya kamu bisa bangun sendiri dong.” Ujar Ayah. Semenjak Ibu meninggal dunia beberapa tahun yang lalu, Ayah merangkap sebagai Ibu buat aku dan Mona. Ayah ngga pernah berniat menikah lagi, Ayah tidak ingin menyakiti hati kedua anaknya yang sudah terluka karena kepergian Ibu. Bagi Ayah tidak ada perempuan lain yang bisa menggantikan ibu. Mungkin itu yang di katakan cinta sejati. “Iya Ayah… Miya berangkat ya.” Aku mencium tangan Ayah. “Hati-hati nak.” Aku berjalan secepat kilat, pengen buru-buru sampai terminal terus cepat naik bis. Jangan sampai telat sampai tempat kerja. Gimana caranya sebelum jam delapan bisa sampai disana? Jam enam lewat baru di terminal bis, seperti biasa biar pun masih pagi yang namanya terminal tetap saja ramai. Tukang jualan asongan udah mulai menjajakan dagangannya. Mana nih bisnya, kok belum nongol juga? Lima belas menit berlalu. Bis Ac yang biasa aku tumpangi belum datang juga? Aku udah mulai gelisah, lama-lama makin siang jalanan makin macet nih… Ada sepuluh kali aku melihat jam tangan. Tapi tuh bis belum datang juga. “Pagi mba Miya… Kok belum naik bis?” Sapa Rosi. “Eh… Rosid, iya nih dari tadi gue nunggu Ac 60 tapi ngga nongol-nongol.” Rosid memberikan koran yang biasa aku beli. “Ac 60 kagak ada mba, mendingan naik odong-odong aja tuh dari pada telat.” “Masa sih ngga ada?” “Beneran mba, saya kagak bo’ong dah… Ac 60 lagi pada demo…” “Ya udah deh gue naik odong-odong aja tapi yang mana bisnya?” “Yang itu tuh bisnya.” Rosid menunjukan bis yang seharusnya udah menjadi besi tua. “Ya udah gue jalan ya… Makasih lho udah di kasih tau…” “Mba jangan lupa puterin lagu saya ya…” “Pasti.” Aku berlalu meninggalkan Rosid dan menaiki bis yang ditunjukan Rosid. Sudah lumayan penuh penumpangnya, tapi aku masih bisa dapat duduk. Bis perlahan melaju meninggalkan terminal jam tujuh kurang lima belas menit. Nyaman ngga nyaman deh dengan Ac alam daripada telat. Sambil baca Koran berharap walaupun tipis harapannya tapi tetap berharap ngga macet. Bis lumayan ngebut setelah sang kenek berteriak pada sopir. “Rapat… Rapat… 78 di belakang.” Si sopir langsung tancap gas.