Selasa, November 24, 2009

ALL ABOUT MIYA.....

Puiiiiih… Hari yang cukup melelahkan, selesai bekerja maunya sih nikmatin perjalanan pulang, tapi gimana mau nikmatin kalo perjalanan pulangnya saja naik bis. Pulang pergi kerja aku harus naik turun bis dari hari senin sampai jum’at… Naik bis itu penuh perjuangan lho… Mulai dari nunggunya saja sudah lama banget bikin kaki pegel dan rasanya kesabaranku sampai habis. Belum lagi aku harus lari-lari mengejar bis, padahal aku sudah nunggu di halte tapi tetap saja yang namanya sopir bis suka berhenti seenak udelnya. Habis itu belum tentu aku dapat tempat duduk. Kalo sudah begitu wajib sabar deh desak-desakkan sama penumpang lainnya, aku juga mesti rela digeser-geser sama kenek alias kondektur yang kadang rese plus bawel. Berdiri di bis juga harus selalu berpegangan dan siap siaga , kalo-kalo tuh sopir menginjak rem mendadak, aku bisa tersungkur jatuh. Penumpang sudah mirip ikan pepes berjubel, berdesakan didalam bis tapi yang namanya kenek masih tetap saja menyuruh penumpang geser… Hu-uh… sebel!!! Belum lagi ada orang yang menginjak kakiku. Mau marah tapi orang yang nginjek suduh keburu minta maaf atau malah cuek saja berlagak ngga menginjak apapun, serasa ngga punya dosa. Bau keringat, bau ketek, bau jempol, bau mulut dan bau segala macam sudah pasti jadi aroma terapi yang bikin aku tambah stress, walupun bis yang aku tumpangi adalah bis AC tapi tetap saja semua bau tetap tercium olehku, AC sudah tidak terasa dingin lagi karena terlalu banyak penumpang di dalam bis. Kalo sudah begini aku menghujat diri sendiri. Rugi… rugi banget naik bis AC bukannya nyaman malah kayak ikan pepes, sudah ongkosnya mahal, berdiri, bau ketek, kaki terinjak, boro-boro nikmatin deh yang kaya begini… Rasanya masih segudang penderitaan penumpang bis seperti Miya… enaknya sih naik taksi, tapi aku bisa bangkrut deh. Kerja saja baru dapat tiga bulan, paling-paling Cuma bisa naik taksi kalo habis gajian. Hari berikutnya harus super irit make duit, kalo sudah begitu tanggal gajian terasa lama datangnya. Beginilah nasib.... “MIYA… MIYA BANGUN… NGGA KERJA LO?” Kenapa sih si Mona harus teriak-teriak. Mona itu kakakku satu-satunya, dia kerja jadi sekertaris di Bank swasta. Nasibnya lebih baik dari aku, dia tidak harus naik turun bis buat pergi ketempat kerjanya. Seandainya Mona naik bis juga, sudah pasti jadi pusat perhatian orang banyak, bukan hanya Mona cantik tapi kadang Mona suka pakai rok super mini jadi mana mungkin dia naik turun bis? Tapi beruntungnya Mona sudah punya cowok yang merangkap jadi sopir pribadinya. Pengki alias Frenky cowok ‘siaga’ siap antar jaga, kemana pun perginya Mona, Pengki selalu siap nganterin Mona dengan mobil pribadi tentunya, Apesnya aku ngga bisa nebeng. Tempat kerja Mona denganku berlainan arah. “MIYA LO MAU KERJA NGGA SIH?!” Si Mona bawel banget sih. “Iya… Iya… jangan teraik-teriak gitu dong masih pagi juga, emangnya sekarang jam berapa Mon?” “Jam lima…” “Baru jam lima… Lima menit lagi deh.” “Ya ampun Miya… Bangun kok pake nunggu lima menit lagi…” “Aaaaaaahhh… Mon please deh, gue masih ngantuk nih… kemarin cape banget tauu.” Aku menarik selimutku kembali. Tapi itu si Mona masih terus saja mengoceh. “Yang namanya kerja ya cape… Udah cepet bangun, belum mandi, sholat subbuh, belum dandannya.” “Yang dandannya lama tuh lo.” Mona cengengesan.” Kerjaan gue sih ngga bikin cape, kemarin gue berdiri di bis… jadi pegel banget kakinya, lo sih enak di jemput sama si Pengki!” “Hehehe… Cari cowok dong…” Ledek Mona. “Lagian lo kenapa berdiri di bis? Kan ada tempat duduknya?” Lanjut Mona yang dari tadi sibuk berdandan ria. “Yeeeeee… Monaaaaa… Bisnya penuh tau, gue ngga kebagian duduk.” “Kenapa lo naik bis yang udah penuh? Masih bias nunggu bis yang berikutnya kan?” “Keneknya bilang… Kosong… kosong… Pas gue naik, ternyata semua tempat duduk udah penuh.” “Lagian mau aja di bo’ongin sama kenek.” “Mana gue tau kalo tuh kenek bo’ong?!” “Udah cepet mandi sana… Lima menit udah berlalu!” Perintah Mona sambil cengengesan. “Aaaaaa... Monaaaaa… Elu ngajakin gue ngomong terus sih… terbuang sia-sia deh lima menit waktu tidur gue.” “Segitu nyeselnya...” Mona tambah cekikikan. Selama kerja rasanya waktu buat istirahat dan tidur kurang banget. Jadi wajar saja kalo biasanya aku nerusin tidur di bis sepanjang perjalanan ketempat kerja. Dan itu sangat menolongku. Kalo ngga bakal ngantuk habis pas kerja. “Monaaaa… Gue berangkat duluan.” “Hati-hati dijalan…” Sahut Mona yang lagi nunggu di jemput pacarnya sambil terus touch up dandanannya. Akhirnya setelah menunggu lama di terminal yang rada-rada bau pesing, bis yang pengen aku tumpangi nongol juga. Sepertinya pagi ini aku cukup beruntung masih banyak tempat duduk yang kosong, jadi bisa bebas memilih tempat duduk. Duduk di pojok dekat jendela merupakan tempat yang nyaman buatku, bisa tidur sambil nyender ke kaca jendela, bisa leluasa melihat keluar dan yang paling penting aku ngga perlu lagi digeser-geser sama kenek yang rese. Pokoknya ini tempat paling ‘pw’ posisi wee_nak… Aku duduk nyaman di bangku tiga urutan yang kempat dari depan,di pojok dekat jendela. Ac masih terasa dingin, sweeter yang aku pakai masih bermanfaat. Biasanya selain tidur sepanjang perjalan aku menghibur diri dan menyenangkan hati, sekaligus mengisi kekosongan. Apalagi ini bis ngga jalan-jalan alias ngetem nunggu penumpang. Mataku biasanya iseng berburu cowok keren yang naik bis, udah pasti langka? Tapi aku tetap berharap-harap ada cowok keren yang duduk di sebelahku. Diantara hiruk pikuk tukang jualan asongan mataku terus berburu kalo-kalo ada cowok keren, tapi aku juga mesti siap-siap geleng kepala nih, soalnya banya tukang julan asongan yang nawarin dagangannya. “Tarahu… Tarahu… Tarahu… Tarahu neng?” Tuh kan udah mulai. Satu gelengan kepala. “Tisu… permen… kopiko, mentos… Rokok… Rokok… Tisunya mba?” Gelengan kepala kedua. Satu orang Bapak naik kedalam bis. Seorang ibu dengan anaknya duduk di depanku. Mana ngga ada yang keren? Udah lebih dari lima belas menit bisnya belum jalan-jalan juga. Satu orang cewek wangi, sepertinya satu botol parfum habis dipakainya. “Yang aus… Yang aus… Aqua… The botol… Yang dingin yang seger…” Gelengan ketiga. Pagi-pagi udah jual es? Tiga orang mahasiswi. Mereka melewati tempat dudukku. Dan berisik sepertinya mereka asyik ngerumpi sampai lupa kalo ini di dalam bis. “Ya… satu lagi disini saya bawakan donat special… hanya lima ribu rupiah bapak ibu bias mendapatkan lima donat aneka rasa… rasa coklat, strawberry, keju, kacang coklat… dengan cita rasa yang sama dengan yang di jual di mol-mol…saya akan bagikan supaya bias dilihat kalo donat ini baru saja di buat… yang tidak berminat beli saya akan ambil kembali lagi…” Si penjual donat mulai membagikan dagangannya pada para penumpang.